12/27/2006

Antara Mitos, Keras Kepala, dan Fakta

Subak Dalem, 27/12/06


Waaaah, lama juga gak nulis cerita tentang Bani. Ayah Bunda lagi banyak kerjaan. Kalo pas mau nulis, ada aja tugas lain yang harus diberesin. Pas ada waktu luang, mood untuk nulis yang hilang. Maka, blog Bani pun jadi korban. Terlupakan..

Liat posting terakhir, udah lama juga ga nulis. Seminggu lebih. Banyak cerita tersimpan. Antara lain soal kepala botak belakangnya, tiga bulan kelahiran, belajar tengkurap, dan seterusnya. Tapi cerita palling urgen –apa coba?- untuk diceritain mungkin soal Bani jadi manusia karet. Soale cerita ini agak mistis gitu. Ibaratnya Bani tuh masuk kembali ke zaman pra-sejarah atau saman pra-pencerahan, di mana waktu itu rasionalitas –ck, ck, bayi mana yang ngerti bahasa-bahasa gini. J- belum dipakai. Di mana pada saat itu manusia lebih percaya pada mitos.

To the story aja. Sejak baru lahir, dadong –sebutan nenek di Bali- sudah mewanti-wanti agar bajunya Bani tidak diplintir-plintir kalau dicuci. Diplintir tuh basa Indonesianya apa ya? Kurang lebih kalo meras baju Bani setelah dicuci tuh jangan diplintir –nah kan plintir lagi?-. Untuk abisin air pada kain cukup diremas, bukan diperas. Kata Dadong kalo diperas dengan cara diplintir, Bani bakal suka mekiut (basa Bali) atau suka mulet (basa Jawa). Basa Indonesianya apa ya? –Ah, ternyata kosa kata basa Indonesia memang tak sebanyak basa Jawa atau basa Bali?-

Sebagai orang tua yang rasional, Ayah Bunda gak terlalu peduli dengan nasehat ini. Apalagi pada dasarnya Ayah Bunda memang keras kepala. Jadi ya karena nasehat itu gak masuk akal antara sebab dan akibatnya, maka Ayah Bunda cuek saja. Pas nyuci, baju Bani tetep aja diplintir semau mereka. Kadang-kadang malah kayak ngledek nasehat Dadong.

Dan sim salabus abrus kedabrus! Ternyata nasehat Dadong ada benarnya..

Dari hari pertama di rumah Bani tuh sudah keliatan suka mulet. Kalo tidur tuh badannya menggeliat-geliat kayak cacing. Kepala ke kanan kaki ke kiri. Abis itu dia muter arah kepala dan kaki. Wah, pokoknya sering banget mulet.

Pas Mbah dari Lamongan ngliat Bani suka mulet, eh, Mbah juga bilang gitu, “Pasti pas nyuci baju meresnya diplintir.” Gedubrak! Ternyata orang tua di mana-mana pikirannya sama.

Kii Bani udah tiga bulan lebih. Ayah masih cuek aja suka meres baju Bani dengan cara mlintir. Bunda kadang-kadang cuek kadang-kadang kepikiran. Hasilnya? Kebiasaan Bani mulet tuh gak juga berkurang. Malah tambah parah. Badan Bani tuh kayaknya lentur banget. Apa dia mau jadi penari ntar ya? [+++]

No comments: